3 DOSEN STAIMPRO SUKSES RAIH KESEMPATAN SEBAGAI PRESENTER DI THE 5TH ANCOMS
3 DOSEN STAIMPRO SUKSES RAIH KESEMPATAN SEBAGAI PRESENTER DI THE 5TH ANCOMS
Thu, 30 November 2023 12:58
ancom

Probolinggo, 23 November 2023 – Koordinasi Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam (Kopertais) Wilayah IV Surabaya kembali menggelar Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) yang ke-5 tahun. Pada AnCoMS ke-5 ini pada hari Senin-Selasa, 20-21 November 2023 yang mengusung tema “Local Cultural Values and Religious Moderation” dengan opening ceremony yang diselenggarakan di UIN Sunan Ampel Surabaya dan acara inti diskusi paralel di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.

Pada acara AnCoMS tahun 2023 ini diikuti oleh 130 peserta yang melalui seleksi ketat lolos sebagai presenter. Dari 130 peserta itu ada 3 dosen dari STAIMPRO yang terpilih, di antaranya Dr. Khoiriyah, M.Pd.I, Ulil Hidayah, M.Pd.I, dan Zeti Nofita Sari, S.H., M.H..

Pada acara AnCoMS ini, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., direktur Direktur Pendidikan Tinggi-Kementerian Agama, hadir secara virtual. Beliau memberikan apresiasi terhadap acara AnCoMS yang diadakan oleh Kopertais Wilayah IV Surabaya ini. Beliau juga menyampaikan bahwa penting untuk mengupas isu moderasi beragama, terutama dalam konteks era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang sedang berkembang, di mana budaya dan agama dihadapkan pada tantangan yang sangat signifikan.

“Kegiatan ilmiah ini begitu impresif. Selaku Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Agama, saya berharap agar Kopertais di berbagai wilayah di Indonesia dapat menyelenggarakan acara serupa dengan yang telah diselenggarakan oleh Kopertais wilayah IV,” ungkapnya.

Opening Speech disampaikan oleh Dr. H. M. Hasan Ubaidillah, S.H.I., M.Si. selaku Sekretaris Kopertais IV Surabaya. Dalam pernyataannya, beliau memaparkan alasan mengusung tema pada AnCoMS kelima ini di mana Islam masuk ke Indonesia telah bercampur dengan budaya di nusantara. Adanya perbedaan dengan budaya lokal (local culture) ini menghasilkan sikap yang berbeda. Ada yang ekstrim kanan dan ekstrim kiri, sehingga dalam hal ini diperlukan sikap moderat.

“Semoga The 5th Annual Conference for Muslim Scholars dapat berjalan lancar. Di sini adalah momentum ilmuwan muslim bertukar pikiran, membawa hasil yang produktif dan progresif, serta mampu menjawab tantangan ke depan antara sains dan agama agar bermanfaat untuk kita semua,” tambahnya.

Selanjutnya memasuki acara inti, yaitu seminar dengan mengundang Speakers internasional, Dr. Azhar Ibrahim Alwee dari National University of Singapore dan Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D Professor of Sufism Philosophy UIN Sunan Ampel Surabaya. Pada seminar yang dimoderatori oleh Dr. Nabiela Naily, S.Si., M.H.I., M.A. Kepala International Office UIN Sunan Ampel ini berlangsung sekitar dua jam.

Dr. Azhar Ibrahim Alwee membahas peran tradisi budaya untuk moderasi beragama, di mana menurutnya ucapan adat atau pepatah petitih sebagai paradigma budaya memiliki kaitan dengan moderasi beragama. Dalam materinya, ia menekankan bahwa moderasi tidak hanya berkaitan dengan agama saja.

“Moderasi tidak hanya berkaitan dengan agama saja, namun dapat pula diterapkan pada kehidupan manusia dengan manusia (human relationship) dan manusia dengan lingkungan (natural habitat),” kata Beliau.

Pada materi kedua, Prof. Abdul Kadir Riyadi mengangkat beberapa fokus isu mengenai The Clash of Cultures: problem moderasi beragama di tengah polarisasi budaya. Menurutnya, perilaku sosial yang berbeda-beda karena perbedaan cara hidup dan budaya berpotensi menyebabkan konflik. Lulusan Filsafat Islam dan Tasawuf dari University of Cape Town ini pun menawarkan beberapa solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut.

“Konflik berasal dari prasangka sosial, penyelesaian konflik yang mencakup pencegahan, pengelolaan, dan resolusin konflik, serta menekankan pada nilai-nilai luhur persaudaraan,” ungkap Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

AnCoMS kelima ini diisi diskusi pararel yang bertempat di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Peserta dibagi menjadi lima ruang berdasarkan kelompok kajian (kluster), yaitu: a) Ekonomi, Hukum, Komunikasi; b) Multidisipliner; c) Pemikiran; d) Pendidikan; dan e) Sosial Budaya.

Hari kedua diisi dengan acara sosialisasi teknis menulis artikel pada jurnal bereputasi dan sharing Litapdimas oleh Dr. Muhammad Anas Ma`arif, Dr. Ari Kartiko, ST.,MM, dan Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I serta adanya pemaparan terkait strategi penguatan kualitas PTKI oleh bagian Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Diktis Kemenag RI Muhammad Aziz Hakim, M.H.

“Ada beberapa kebijakan baru dari Direktur PTKI dan Dirjen, yang mulai berpihak kepada PTKIS. Antara lain terkait pendanaan penelitian dan pengabdian masyarakat, kuota PKDP, dan isu migrasi prodi sesuai aturan PP no 46 tahun 2019,” kata Pak Aziz.

Dalam sesi penutupan acara AnCoMS ini dihadiri oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.DIP.SEA., M.Phil. Ph.D selaku Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya. Prof. Muzakki menyampaikan bahwa konferensi itu momentum agar kita meng-upgrade dan mendapat ide baru.

“Jangan berhenti di konferensi, ditindaklanjuti dengan publikasi. Ini merupakan sebuah kebutuhan untuk dosen. Semoga tahun depan AnCoMS akan ada lagi dan bisa lebih baik. Semoga bapak/ibu menjadi dosen yang profesional dan terus berkontribusi dalam perputaran ilmu,” ungkapnya.

Acara penutupan yang dimoderatori oleh Dr. Sri Warjiyati, MH. ini ditutup dengan sesi do’a oleh sekretaris Kopertais IV Dr. KH. Ilhamullah Sumarkan, M.Ag dan dilanjut dengan sesi foto bersama (zet/ros).

Kampus, Pelatihan, Seminar

Artikel Lainnya

DUA MAHAISWA IADPRO SUKSES JALANI KKN DAN PPL INTERNATIONAL DI THAILAND
Langit diatas Santiwit Songkhla Technological College sangat cerah dengan tem...
Fri, 16 February 2024 | 8:00
IADPRO Sosialisasikan Scholarship for International Student
IADPRO Sosialisasikan Scholarship for International Student Bersamaan dengan ...
Fri, 16 February 2024 | 7:53
IADPRO TEKEN MoU dengan 13 LEMBAGA PENDIDIKAN DI THAILAND
Internasionalisasi kampus bukan hanya cita-cita dan kata tanpa fakta. Hal itu...
Fri, 16 February 2024 | 7:48
SERAP ASPIRASI DAN KOLABORASI MAHASISWA PRODI PAI
Probolinggo 29 Januari – Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo ...
Thu, 1 February 2024 | 6:31