DUA MAHAISWA IADPRO SUKSES JALANI KKN DAN PPL INTERNATIONAL DI THAILAND
DUA MAHAISWA IADPRO SUKSES JALANI KKN DAN PPL INTERNATIONAL DI THAILAND
Fri, 16 February 2024 8:00
WhatsApp Image 2024-02-13 at 08.24.15

Langit diatas Santiwit Songkhla Technological College sangat cerah dengan temperatur udara mencapai 360 Celcius ketika para peserta International Programme yang juga diikuti oleh dua mahasiswa Institut Ahmad Dahlan Probolinggo (IADPRO) mulai berdatangan. Hari itu, Selasa (6/2), Semua peserta ditemani oleh beberapa guru dan ada pula para kepala sekolah. Mereka semua tidak hanya mengikuti Closing Ceremony International Programme tersebut, namun banyak yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kelanjutan International Programme tersebut
Program yang dimulai tanggal 10 Januari 2024 yang lalu merupakan kegiatan KKN dan PPL International bagi para mahasiswa yang diikuti oleh tujuh Perguruan tinggi yang berbeda. Tak terkecuali dua mahasiswa IADPRO, Firmansyah (PGMI V) dan Musthofa (HKI V). Sebanyak 36 mahasiswa ditempatkan di 13 sekolah di daerah Songkhla dan Narathiwat untuk mengajar para siswa Thailand pada tingkat TK hingga SMA.
Ustadz Fathurrrozi sebagai penanggungjawab program dari Santiwit School mengapresiasi para mahasiswa Indonesia yang secara umum mampu memberikan yang terbaik selama KKN dan PPL. “Alhamdulillah, semua sekolah merasa senang dengan program KKN dan PPL ini. Mereka semuanya ingin melanjutkan program ini tahun depan. Bahkan, para kepala sekolah meminta program ini tidak hanya satu bulan, tapi kalau bisa tiga bulan.” ujarnya dalam satu kesempatan.
Perasaan senang dan bangga juga dialami oleh Firman dan Musthofa yang ditempatkan di Padungmat School provinsi Narathiwat. “Senang sekali rasanya bisa KKN dan PPL di Thailand ini. Para guru memperlakukan kami dengan baik. Bahkan kami sering diajak jalan-jalan. Hehe.” tukas keduanya. Tentu ini menjadi kesan yang baik yang perlu dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya.
Mengetahui hal ini, koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) IADPRO, Imanuddin, merasa bersyukur dan berbesar hati. Walaupun ini pengalaman pertama untuk IADPRO, namun kesan yang muncul baik dari mahasiswa peserta KKN dan PPL international, panitia penyelenggara dan para pihak di sekolah Thailand sangatlah baik. “Ini bagian dari ikhtiar yang alhamdulillah berhasil. Langkah pertama ini insyaAllah akan kami lanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.”
Sementara, Dr. Benny Prasetiya, M.Pd.I, rector IADPRO, mengapresiasi dan berterimakasih pada dua mahasiswa tersebut. Sebab keduanya mampu berKKN dan PPL dengan baik selama di Thailand. Ia juga merasa bahwa upaya untuk Internasionalisasi IADPRO harus terus dilanjutkan dan dikembangkan pada tahun-tahun berikutnya. “Tentu kami berharap, mahasiswa IADPRO tidak hanya bisa KKN dan PPL di Thailand, namun juga bisa melakukannya di negara-negara lain. Kami berharap program internasionalisasi kampus IADPRO terus dapat digaungkan.” ujarnya. (udin/ros)

Kampus, Pelatihan, Seminar

Artikel Lainnya

IADPRO Sosialisasikan Scholarship for International Student
IADPRO Sosialisasikan Scholarship for International Student Bersamaan dengan ...
Fri, 16 February 2024 | 7:53
IADPRO TEKEN MoU dengan 13 LEMBAGA PENDIDIKAN DI THAILAND
Internasionalisasi kampus bukan hanya cita-cita dan kata tanpa fakta. Hal itu...
Fri, 16 February 2024 | 7:48
SERAP ASPIRASI DAN KOLABORASI MAHASISWA PRODI PAI
Probolinggo 29 Januari – Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo ...
Thu, 1 February 2024 | 6:31
BENCHMARKING, STAIMPRO BERSIAP MENGAWAL STITMU KEDIRI MENJADI PTM UNGGUL
STAIMPEDIA.CO, Kamis (25/01/2024) Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Pro...
Fri, 26 January 2024 | 6:06